Cara meningkatkan omset dan keuntungan bisnis

meningkatkan-omzet1. Perbanyak prospek (Leads)

caranya dengan beriklan, buka cabang, sebar brosur, ikut pameran dll.

misalnya anda buka toko kue di mall. Rata rata pelanggan yang masuk ke toko anda secara tidak sengaja adalah 1000 orang maka leads anda adalah 1000.

kemudian anda sebar brosur di pintu gerbang mall, yang mengundang supaya datang berkunjung ke toko anda katakanlah prospek dari sebar brosur adalah seratus orang. maka prospek anda menjadi 1100. semakin banyak yang masuk toko anda itu berarti prospek anda juga semakin banyak.

2. perbanyak jumalah konversi (conversion)

konversi adalah jumlah prosepk yang akhirnya membeli produk anda. misalnya dari 1000 prospek yang akhirnya membeli produk anda adalah 250 artinya konversi anda 25%. bagaimana cara memberi konversi misalnya: berikan garansi, delivery gratis, dll

3.naikkan jumlah transaksi

jumlah transaksi adalah jumlah transaksi yang terjadi di toko anda per hari. bagaimana cara meningkatkan transaksi? lakukan agar pelanggan anda lebih sering berbelanja di toko anda. misalnya dengan memberi point, voucher dll.

4.naikkan jumlah rata rata pembelian

Dari jumlah transaksi tersebut berapa rata-rata transaksinya? Misalnya toko anda memperoleh omset Rp. 1.000.000 per hari dengan jumlah transaksi 50, maka rata-rata transaksi anda adalah Rp. 20.000. Caranya? Anda pernah makan di McDonalds? Setiap kita akan membayar, pelayannya selalu tanya: “Mau tambah french fries pak?” Kalau kita jawab iya, dia akan tanya: “Yang large atau medium?” Kalau kita jawab tidak ingin french fries, dia akan tanya lagi: “Es krimnya mau pak?” atau “Mau coba wafflenya pak?” Begitu seterusnya.

5. Naikkan Margin Keuntungan.

Misalnya harga pokok produk anda adalah Rp.750. Anda jual Rp.1000, maka keuntungan anda adalah Rp. 250 atau 25% (Rp. 250 : Rp. 1000). Kemudian anda naikkan harganya Rp. 100 menjadi Rp. 1.100, maka margin keuntungannya menjadi 32% atau naik 7%.

Ditandai:,

Satu komentar di “Cara meningkatkan omset dan keuntungan bisnis

  1. SITI KHADIJAH Agustus 15, 2013 pukul 9:35 pm Reply

    Reblogged this on sitikhadijahmarjani.

Tinggalkan komentar